PANDUAN
TEKNIK PENYAJIAN MODUL
KURSUS
PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD)
I.
Pendahuluan
Proses
pembelajaran yang berpusat kepada pendidik (teacher
centered), di mana pendidik menganggap dirinya sebagai gudang ilmu
pengetahuan (store of knowledge) sudah
menjadi kamus kuno. Baden Powell telah mengalihkan proses pembelajaran menjadi
proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (ask the boys – students centered). Dengan demikian pendidik berperan sebagai fasilitator bukan dominator.
Panduan ini dibuat agar penyelenggaraan kursus
dapat dilakukan dengan memberi pengayaan pada metode penyampaian materi kursus,
dan tidak terbatas pada metode ceramah. Pada akhir kursus, diharapkan peserta kursus memiliki
wawasan kepramukaan yang lebih luas, serta keterampilan yang memadai untuk
membina gugusdepan.
Panduan
teknis penyajian modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) disusun
dalam rangka standarisasi pola penyajian modul KMD, dengan harapan dapat
menjadi panduan dasar bagi Pelatih Pembina Pramuka. Adapun pengembangan selanjutnya
diserahkan kepada pelatih yang bersangkutan.
II.
Tujuan
dan Sasaran KMD
1. Tujuan
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi
bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka.
2. Sasaran
Setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka
Mahir Tingkat Dasar, peserta mampu :
a. Memahami, menghayati
dan melaksanakan AD & ART Gerakan Pramuka.
b. Menjelaskan
tentang Kepramukaan serta perkembangannya.
c. Menerapkan
kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan
golongannya.
d. Membina
dan mengembangkan mental, fisik, intelektual,
emosional dan sosial sesuai
dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat
lingkungannya.
e. Menerapkan
kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber
pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
f. Mengelola
Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya dan mengelola
satuannya.
III.
Metode
Materi KMD disajikan dengan
pendekatan andragogi, berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan
melibatkan peserta secara langsung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
metode, di antaranya :
1.
Dinamika
kelompok
2.
Diskusi
kelompok
3.
Curah
gagasan
4.
Metta
Plan (Country Fair)
5.
Studi
kasus
6. Kerja kelompok
7. Demonstrasi
8. Bermain peran
9. Presentasi
10. Bola salju (snow balling)
11.
Debat
12.
Fish Bowl
13.
Class students have
14.
Simulasi
15.
Base Mathod
16.
Berbagai
kegiatan praktek (kesiagaan, kepenggalangan, kepenegakan, kepandegaan, scouting
skill, dan permainan).
17.
Open Forum
18.
Rencana
Tindak lanjut/RTL (Action Plan).
IV.
Rencana
Pembelajaran
Pendekatan
yang digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran adalah andragogi yaitu
strategi pembelajaran yang dilakukan dengan cara “Do-Look-Learn”. Untuk itu diperlukan petunjuk pelaksanaan pembelajaran yang sesuai
dengan materi berupa persiapan pembelajaran oleh pelatih (format terlampir) dan
petunjuk pembelajaran bagi peserta kursus (format terlampir).
Pada akhir pertemuan sesi,
pelatih mengadakan sharring dengan
tujuan mengadakan pembulatan/pencerahan berupa kesimpulan.
V.
Strategi
pembelajaran
1. Strategi
pembelajaran dilaksanakan dengan tata urut sebagai berikut:
a.
Menciptakan suasana belajar sesuai dengan
topik sajian yang ada.
b.
Memberikan petunjuk pembelajaran.
c.
Sharing
atas temuan-temuan yang ada.
d.
Pembulatan/pencerahan/kesimpulan.
(agar
lebih diperinci lagi)
2. Pembagian
waktu penyajian pada setiap Pokok Bahasan:
a.
Pengantar dan penjelasan materi untuk
pemahaman konsep (ceramah) : 20 %;
b.
Kegiatan praktek/simulasi/demonstrasi/ kerja
kelompok atau mandiri : 70 %;
c.
Pembulatan/pencerahan/kesimpulan :10%;
d.
Satu jam pelajaran = 45 menit
3. KMD dilaksanakan di dalam ruangan 1/3 alokasi waktu dan
di alam terbuka dalam bentuk perkemahan 2/3 alokasi waktu atau 2,5 hari di
kelas – 4,5 hari di perkemahan.
VI.
Pendukung
Proses Belajar Mengajar dengan pendekatan Andragogi
1. Sarana
Prasarana:
a. Lokasi
kursus yang nyaman dan aman (terhindar dari gangguan)
b. Ruang
belajar yang sehat.
c. Alat
bantu pembelajaran yang memadai (kuantitas dan kualitas).
d. Alat
musik yang dapat digunakan untuk memperdengarkan lagu yang membangkitkan
semangat belajar
e. Tersedianya
alam terbuka untuk kegiatan outdoor.
2. Tim
pelatih dan panitia berada di tempat kegiatan selama kursus berlangsung.
3. Bahan
serahan.
VII.
Rencana
Tindak Lanjut
1. Rencana
Tindak Lanjut (RTL) disusun oleh peserta pada tahapan terakhir pelaksanaan
kursus sebagai motivasi diri untuk melakukan
kegiatan tindak lanjut setelah
mengikuti pelatihan.
2. RTL
juga berfungsi sebagai acuan peserta dalam masa pengembangan/narakarya 1, yang
nantinya digunakan sebagai persyaratan untuk mengikuti Kursus Pembina Pramuka
Mahir Tingkat Lanjutan (KML).
VIII.
Penutup
Dengan disusunnya
panduan ini diharapkan Pelatih dapat memiliki pola penyajian modul KMD dan
mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.
KURIKULUM KMD
Kurikulum
KMD disusun sebagai berikut :
I. BABAK PENGANTAR
a.
PENGANTAR, Modul 1...........................................................
1.1. Upacara Pembukaan Kursus
................................................
1.2. Orientasi Kursus .................................................................
1.3. Pre tes
.............................................................................
1.3. Dinamika kelompok Pengembangan Sasaran
Kursus ...............
|
5 Jampel
1 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
|
b. INTI
Modul 2. Kepramukaan, AD dan ART
2.1. AD & ART Gerakan Pramuka...............................................
2.2. Kepramukaan, Sejarah dan
Pendidikan ..................................
2.3. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan ..........
2.4. Kode Kehormatan Pramuka dan
moto...................................
|
8 jampel
2 jampel
2 jampel
3 jampel
1 jampel
|
Modul 3 : PROGRAM
KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1. Program kegiatan peserta didik
(Prodik)................................
3.2. Prodik Pramuka Siaga
.........................................................
3.3. Prodik Pramuka Penggalang
................................................
3.4. Prodik Pramuka Penegak dan
Pandega..................................
3.5. Memahami Peserta Didik dan
Kebutuhannya..........................
3.6. Menciptakan Kegiatan yang
Menarik, Menantang dan Mengandung
Pendidikan
...................................................
|
10
jampel
1 jampel
2 jampel
2 jampel
3 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 4 : CARA MEMBINA DENGAN SISTEM AMONG
4.1. Cara membina & Sistem Among
........................................
4 2. Peran, Tugas
dan Tanggung jawab Pembina Pramuka
.........
4.3. Komunikasi
dan Bergaul dengan Peserta didik
....................
4.4. Mengelola Satuan Pramuka ................................................
|
4 jampel
|
Modul 5 : ORGANISASI..........................................................
5.1. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka .............. ..................
5.2. Organisasi dan Administrasi GugusDepan
.............................
5.3. Dewan Satuan dan Forum S,G,T,D
....................................
5.4. Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka .............................
|
4 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 6 : SKU/SKK/TKK,SPG/TPG dan Alat pendidikan
6.1. SKU/TKU,
SKK/TKK, SPG/TPG ...........................................
6.2.a. Upacara sebagai Alat Pendidikan ...................................
6.2.b. Pelantikan sebagai alat pendidikan
.................................
6.3. Permainan sebagai alat pendidikan ....................................
6.4. Api
Unggun sebagai Alat Pendidikan .................................
|
4 jampel
1 jampel
1 jampel
-
1 jampel
1 jampel
|
Modul 7 : KEGIATAN DI ALAM TERBUKA
(OUTDOOR ACTIVITY)
7.1. Cara
mendirikan tenda ......................................................
7.2.
Keterampilan Kepramukaan ..............................................
7.3. Keterampilan
Kepramukaan Pramuka Siaga
........................
7.4.
Keterampilan Kepramukaan Pramuka Penggalang ................
7.5.a. Keterampilan Kepramukaan Pramuka Penegak
....................
7.5.b. Keterampilan Kepramukaan Pramuka Pandega
....................
7.6. Penjelajahan
alam................................................................
|
35
jampel
2 jampel
1 jampel
8 jampel
8 Jampel
8 jampel
-
8 jampel
|
c. BABAK PELENGKAP
Modul 8 : PELENGKAP (Pilihan) .................................................
8.1. Lambang Gerakan Pramuka,WOSM,
NKRI, Lagu Kebangsaan, Bendera, dan Pakaian seragam ..........................................
8.2. Perlindungan Anak
...........................................................
8.3. Kewiraan.........................................................................
8.4.
Kewirausahaan................................................................
8.5. Muatan
lokal....................................................................
8.6. Muatan Nasional :
a. Global Warming
.........................................................
8.7. Jam
Pimpinan..................................................................
|
4 Jampel
|
d. BABAK PENUTUP
Modul 9
: PENUTUP
.......................................................
9.1. Forum Terbuka .....................................................
9.2. Rencana Tindak Lanjut
(RTL) ...................................
9.3. Pos tes
.................................................................
9.4. Evaluasi
................................................................
9.5. Malam Gembira
.......................................................
9.6. Upacara Penutupan
Kursus .....................................
|
9 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
3 jampel
1 jampel
|
Jumlah ..................................................................
|
83
Jampel
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar